Resep Klapatart/Klappertaart

No Comments
resep Klapatart/Klappertaart

Resep Klapatart/Klappertaart

Kue yang juga sering ditulis Klappertaart ini merupakan makanan khas Sulawesi Utara. Klapatart yang dipengaruhi bahasa Belanda ini merupakan modifikasi dan perpaduan cita rasa barat dan bahan tradisional di Bumi Nyiur Melambai yakni kelapa.  Kuel klapatart ini menjadi suguhan wajib di setiap perayaan-perayaan besar di Sulut. Saat ini Klapatart juga menjadi oleh-oleh khas dari Manado bahkan tidak jarang wisatawan domestik dan mancanegara menjadikan kue ini sebagai hadiah.

Bahan:

- 4 butir kuning telur
- 1 butir telur
- 60 gram tepung maizena
- 150 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 400 ml susu cair
- 200 ml heavy cream (krim kental), gantikan dengan susu cair jika bahan ini tidak ada sehingga total susu cair menjadi 600 ml
- 70 gram mentega/margarine
- 150 gram kelapa muda serut (kira-kira 1 buah kelapa)
- 80 gram kismis hitam
- 20 gram irisan kacang almond/kenari
- bubuk kayu manis untuk taburan
- beberapa butiran kismis untuk taburan
- beberapa lembar daging kelapa untuk hiasan  

Catatan: 
* untuk rasa yang lebih milky jika anda tidak menggunakan krim kental maka tambahkan 100 ml susu kental manis ke dalam susu cair dan kurangi takaran gula pasir di resep.
* untuk susu cair bisa digantikan dengan susu bubuk dicairkan dengan air kelapa. Susu bubuk yang saya sarankan merk Dancow.

Cara membuat:

Siapkan loyang, saya menggunakan loyang keramik persegi diameter 20 cm. Olesi permukaan loyang dengan margarine, sisihkan.
Loyang untuk memanggang klapertart umumnya loyang kaca tahan panas, loyang keramik atau cup alumunium foil. Jika tidak ada loyang-loyang tersebut gunakan loyang alumunium biasa.
Siapkan semua bahan, pastikan kelapa muda yang anda gunakan pas tingkat kematangannya. Daging kelapa haruslah masih lembut namun cukup firm ketika digigit.
Siapkan mangkuk, masukkan kuning telur dan telur, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan tepung maizena, gula pasir dan vanili bubuk, aduk rata dengan kocokan balon. Sisihkan.
Masukkan susu cair dan krim kental ke dalam panci, panaskan dengan api kecil hingga hangat (bukan mendidih). Aduk selama proses perebusan agar susu tidak pecah.
Masukkan mentega, aduk hingga mentega leleh dan bercampur sempurna dengan susu. Matikan api kompor.  Biarkan sebentar agar susu tidak terlalu panas.
Ambil sekitar 1 sendok sayur susu cair, tuangkan susu ke adonan telur, aduk hingga rata. Tambahkan 1 sendok sayur lagi susu cair ke adonan telur, aduk rata. Tuangkan adonan telur ke sisa susu di panci, aduk rata.
Masak adonan dengan api kecil sambil terus diaduk dengan pengaduk balon, hingga perlahan adonan mulai mengental. Ketika mulai terasa mengental aduk adonan dengan kuat dan cepat untuk mencegahnya bergerindil. Masak hingga mulai muncul letupan pertama di permukaan adonan. Matikan api kompor. Jangan memasaknya berlebihan karena akan membuat custard terlalu keras ketika dipanggang.
Masukkan daging kelapa muda, dan kismis, aduk rata. Tuangkan custard ke loyang, ratakan permukaannya dengan spatula hingga smooth. Hiasi permukaannya dengan irisan daging kelapa muda, kismis dan irisan almond/kenari.
Panggang di oven suhu 175'C gunakan api atas jika oven anda memiliki pengapian atas dan bawah. Jika tidak maka panggang seperti biasa.
Panggang hingga kue tampak sedikit kecoklatan di permukaannya dan almond matang, sekitar 20 menit. Keluarkan dari oven dan biarkan uap panasnya hilang. Taburi permukaan klapertart dengan kayu manis bubuk. Jangan memanggangnya terlalu lama karena akan membuat klapertart keras.

Tips: Agar kayu manis bubuk mampu merata dengan baik maka gunakan saringan teh dengan lubang yang halus dan ketukkan perlahan di permukaan kue.
Klapertart mantap disantap saat dingin, jadi mungkin anda harus menunggunya benar-benar dingin atau simpan di chiller sebelum disantap
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment