Resep Kue apem selong

No Comments
Resep Kue apem selong

Resep Kue apem selong

Kue apem selong merupakan jajanan tradisional khas Jawa Timur. Biasanya, kue apem selong banyak dijajakkan di pasar-pasar tradisional terutama pada pagi hari.

Kue ini juga populer pada saat bulah Ramadan sebagai salah satu menu berbuka puasa. Jajanan tradisional yang enak ini sekarang banyak variasinya, mulai dari bentuk, warna bahkan rasa yang dapat divariasikan sesuai selera.
berikut cara membuatnya

Bahan Resep Apem Selong Istimewa

400 ml air kelapa
2 sdm ragi instan
500 gr tepung beras
650 gr gula pasir
50 gr tepung tapioka
600 ml santan kental
4 butir telur ayam
1/2 sdt vanilli
1 sdt garam
1/2 sdt pasta pandan / stroberi dll (opsional untuk variasi)

Cara Membuat Adonan Apem Selong

Campurkan ragi instan dengan air kelapa, aduk biar tercampur dan sisihkan dulu sementara.
Ambil wadah dan campurkan tepung beras, tepung tapioka, gula pasir, garam dan vanili menjadi satu dan aduk biar tercampur.
Masukkan campuran air kelapa dan ragi instan kedalam wadah yang berisi tepung, tambahkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Masukkan telur ayam dan aduk lagi hingga benar-benar tercampur merata.
Masukkan santan kental kedalam adonan beserta pasta pandan (opsional sesuai selera, tidak pakai juga tidak apa-apa), aduk lagi secara merata.
Karena menggunakan ragi instant sebagai pengembang, kita perlu menginkubasinya dengan cara menutup tempat adonan menggunakan palstik dan diamkan selama kurang lebih 4 jam agar adonan mengembang. Adonan yang sudah jadi ditandai dengan volume adonan yang naik(seolah menjadi banyak) dan dipenuhi dengan gelembung udara.

Cara Membuat Apem Selong yang Enak dan Lembut

Jika adonan telah siap, maka adonan bisa kita proses ke tahap selanjutnya.
Siapkan cetakan dan biarkan panas diatas api sedang, jika sudah benar-benar panas tuangkan adonan kedalam cetakan.
Tuangkan hingga kurang lebih sepertiga dari tinggi cetakan dan tekan-tekan agar adonan melebar ke samping dan menghasilkan peinggiran yang cantik.
Biarkan adonan mengembang dalam cetakan, setelah mengembang tutuplah cetakan hingga kue apem selong matang. Cirinya, adonan yang melebar ke samping berubah warna menjadi kecoklatan.
Angkat apem selong dari cetakan dan siap disajikan
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment