Resep Kue Jalangkote

No Comments
Resep Kue Jalangkote
Resep Kue Jalangkote

Merupakan jajanan asli Makassar yang menyerupai kue pastel pada umumnya. Namun kue jalangkote ini mempunyai kulit yang tipis. Kulit jalangkote menggunakan bahan dasar terigu, telur, santan, mentega, garam, dan bahan-bahan tambahan lainnya dan dibuat tipis. Dan dalamnya terdapat isi yaitu yang terdiri atas wortel dan kentang yang dipotong-potong bentuk dadu dalam ukuran kecil, tauge, dan soun (laksa). Sayur-sayuran ini ditumis dengan bumbu merica, bawang putih, bawang merah, dan bumbu lainnya.

Bahan Kulit Kue Jalangkote:

500 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt garam
2 butir telur ayam
2 sdm Margarine
750 ml minyak goreng

Bahan Isi Kue Jalangkote:

2 buah kentang, potong kecil-kecil (dadu)
2 buah wortel, potong dadu
200 gram daging sapi cincang (Bisa diganti dengan daging ayam)
150 gram Mihun kering
5 butir telur rebus, potong menjadi 6 bagian
100 gram touge, siangi
25 gram saoun, rendam hingga lunak
1 batang bawang perai, iris tipis-tipis
Minyak goreng
25 ml air
Merica secukupnya

Bumbu Kue Jalangkote:

1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
3 siung bawang putih, iris tipis-tipis
4 butir bawang merah, iris tipis
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Bumbu kaldu bubuk secukupnya

Berikut cara membuatnya:

Menyiapkan isI jalangkote, panaskan 3 sdm minyak goreng. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan bawang perai, daging cincang, wortel dan kentang. Tuangkan sedikit air. Masak hingga sedikit matang. Masukkan bahan isi serta bumbu lainnya kecuali irisan telur rebus. Lanjutkan memasak bahan hingga matang. Angkat lalu sisihkan.
Cara membuat kulitnya. Campurkan tepung terigu dalam air, tambahkan 2 sendok margarine, telur, aduk hingga rata. Tambahkan sedikit demi sedikit air garam sambil diaduk dan uleni adonan. Perkirakan jumlah air tidak terlalu banyak, agar adonan tidak terlalu lengket dan lembek, jika terlalu banyak air dapat ditambahkan tepung lagi. Jika adonan sudah pas, gilas adonan dengan ketebalan 3 mm, buat pola lingkaran dengan diameter 10 cm.
Mengisi kulit adonan isi Jalangkote’. Ambil satu lembar kulit yang sudah digilas, taruh 2 sendok makan adonan isi dan sepotong telur diatasnya. Katupkan kedua sisi kulit dan rekatkan dengan putih telur sehingga membentuk setengah lingkaran. Pilin tepinya, dari ujung ke ujung hingga tidak ada lagi celah, dan semua isi tertutupi.
Panaskan minyak goreng, goreng adonan yang sudah dipilin hingga berwarna coklat. Angkat dan tiriskan.
Membuat saus, campur semua bahan saus kecuali air dan cuka dengan diblender. Tumis bahan saus, tambahkan air secukupnya. Tambahkan cuka. Tumis hingga matang.

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment